Jumat, 05 Oktober 2012

Meraih Sukses Bisnis dengan Dukungan Pembiayaan Perbankan


Kebersamaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dan bank komersial merupakan salah satu dari sekian banyak bentuk simbiose mutualisme dalam ekonomi. Dan kebersamaan tersebut bukan saja bermanfaat bagi keduanya, tetapi juga bagi masyarakat dan pemerintah. Masyarakat menikmati ketersediaan lapangan kerja dan pemerintah menikmati kinerja ekonomi berupa naiknya Pendapatan Domestik Bruto (PDB), yang menyumbang lebih dari separuh PDB Indonesia. Namun demikian, kerja sama tersebut tetap perlu memegang prinsip kehati-hatian untuk memastikan terwujudnya manfaat bagi kedua pihak.
Bank merupakan sumber penting dalam pengembangan usaha. Bagi UMKM, peran bank bukan saja sekadar menyediakan tambahan modal usaha, baik untuk investasi maupun modal kerja. Lebih dari itu, bank melalui account officer-nya (AO) menjadi sumber informasi, konsultan, dan sahabat bagi UMKM. Pertemuan bukan saja sekadar membicarakan persyaratan pinjaman dan pengembaliannya, tetapi apa saja yang perlu dibicarakan baik terkait dengan masalah bisnis maupun di luar bisnis.
Kisah-kisah sukses yang disajikan pada halaman ini akan menunjukkan bagaimana prinsip tersebut bekerja secara positif bagi kedua pihak.  Disamping itu, dari kisah sukses yang mewakili pengusaha dari berbagai sektor ekonomi dan wilayah di seluruh Indonesia, juga dapat diungkap bahwa setidaknya terdapat lima kategori indikator yang menunjukkan apakah pengusaha tersebut layak bank: karakter pengusaha, komitmen pada usaha, peran sosial, upaya mengamankan risiko bisnis, dan cara mengelola uang. Semoga kisah sukses pejuang UMKM ini dapat memberikan inspirasi dan motivasi, baik bagi pengusaha UMKM maupun bagi pihak perbankan untuk menekuni potensi UMKM Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar